Selasa, 14 Februari 2012

Cara Mencuci Motherboard dengan BENAR

0 komentar

Anggap motherboard tersebut sudah tidak lagi dianggap sebagai hardware yang bisa dihidupkan lagi, mencuci motherboard itu memang secara rasional tidak masuk akal, bagaimana mungkin komponen elektronika itu dicuci dengan air dirinso serta diberi sunlight untuk membuang kotoran.

Tidak masuk akan memang. Namun ini bukan perkara masuk akal atau tidak, tapi ini sebuah langkah yang cukup kontraversial mengundang pro dan kontra, di milis IT yang berada di mailplus@yahoogroups, perkara mencuci motherboard itu sudah dikenal bagi rekan saya Mat Gemboel dan saya sendiri sebagai orang yang gemar mencuci motherboard. Secara elektronik mencuci motherboard itu ibarat membanjiri elektron ke komponen karena komponen yang berada di motherboard sudah mencapai titik jenuh, sehingga ketika dibanjiri elektron lewat air, komponen tersebut seperti kembali baru lagi.

Ah ! Mosok ? Hanya anda saja yang berani mencoba mencuci motherboard akan melihat sendiri hasilnya, saya sudah mencoba mencuci motherboard 10 kali, separo lebih kembali hidup normal tanpa masalah.

Perlu anda ketahui, saya tidak menyarankan motherboard yang masih normal bekerja, kita menggunakan motherboard yang sudah dianggap tewas, dengan catatan masih bisa hidup dialiri listrik, tapi kinerjanya sangat lemot, sudah konflik, salah instruksi, juga suka restart sendiri jika dipasangi peripheral lain. Jika anda ingin mencoba trik ini, copot batere cmos selama beberapa minggu agar tidak ada listrik di motheboard, copot heatsink, prosesor dan peripheral lain yang bisa dicopot.

Berikut langkah-langkah mencuci motherboard :

1. Bersihkan debu yang menempel dengan kuas cat yang halus, bersihkan sampai sebersih bersihnya

2. Setelah bersih anda boleh mengguyurnya dengan air, tapi siapkan kamera juga biar ada dokumentasi karena praktek seperti ini menarik didokumentasikan

3. Jika sudah diguyur dengan air anda boleh masukan ke dalam air, gunakan ember yang lebar, celup saja kemudian anda sikat pelan pelan dengan kuas, bersihkan pada celah celah komponen

4. Gunakan rinso atau sunligh untuk membuang kotoran yang membandel. Pada bagian slot seperti PCI atau AGP sikat dengan kuas sampai bersih.

5. Jika sudah disabun dengan rinso atau sunlight saatnya anda bilas lagi dengan air, jika sudah merasa bersih anda bisa mengentaskan dari air

6. Semprot dengan kompresor untuk membuang air di celah celah komponen, jika tak punya kompresor anda bisa menggunakan hair dryer.

7. Keringkan diterik matahari, walah .. musim hujan je … itu urusan anda sendiri. Keringkan dengan cara miring agar air yang masih tersisa akan merembes keluar, jika perlu anda menjemurnya di atas seng yang panasnya menyengat, jemur sampai benar benar kering

Jika anda sudah merasa yakin, segera pasang ke dalam casing, pasangkan semua. Gimana kalo tidak berhasil, anda belum beruntung … coba lagi dengan motheboard lain, namun setidaknya kalo tidak berhasil hidup anda juga tidak rugi, karena motherboard tersebut sudah tidak dianggap sebagai hal yang kudu hidup, siapa tahu dari sekian koleksi motherboard rusak anda bisa hidup kembali dan bisa untuk disumbangkan pada orang miskin, ada anda bisa menjualnya kembali.

Sumber : www.google.com

0 komentar:

Poskan Komentar