Sabtu, 24 Maret 2012

Satgas Anti-Teror Rusia Berlabuh di Suriah?

0 komentar

MOSKOW - Pasukan anti-teror dari Rusia dikabarkan sudah berlabuh di Suriah, para pasukan Negeri Beruang Merah itu datang setelah adanya laporan mengenai ledakan bom yang menghantam Kota Damaskus pada 17 Maret lalu.

Kantor berita Interfax melaporkan, Satuan anti-teror Rusia yang berasal dari angkatan laut datang bersama dengan kapal tanker milik Rusia. Rusia sendiri tidak menjelaskan secara detil tentang misi pasukannya yang saat ini berlabuh di Suriah.

Sementara itu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengatakan, kehadiran pasukan Rusia di Suriah ditujukan untuk memantau keamanan Suriah yang sempat dilanda bom. Kedutaan Besar Rusia di Suriah pun menolak untuk berkomentar terkait kehadiran militernya di Suriah.

Seorang pengamat dari Universitas New york Mark Galeotti menilai, kehadiran militer Rusia merupakan tanda-tanda bahwa Rusia memang mendukung rezim Suriah.

Pada pekan lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa negara tidak berencana untuk mengirim pasukan ke Suriah. Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov juga menampik laporan yang menyebutkan adanya aktivitas pasukan khusus Rusia di Suriah.

"Ada yang mempertanyakan kepada saya, apakah Rusia perlu mengirimkan pasukannya dan melakukan konfrontasi militer dengan Amerika Serikat (AS) di Suriah? Saya rasa tidak, hal ini sangat bertentangan dengan kepentingan nasional Rusia," ujar Lavrov, seperti dikutip RIA Novosti, Selasa (20/3/2012).

0 komentar:

Poskan Komentar